Situs Penyedia Lowongan Kerja BUMN/BANK/CPNS 2018

11.16.00

Daftar Beasiswa S1, S2 , Doktoral (S3) Dalam dan Luar Negeri

Mendapat beasiswa menjadi keinginan hampir semua orang di semua lapisan masyarakat. Siapa yang tidak ingin menerima beasiswa belajar untuk melanjutkan pendidkan ke jenjang yang lebih tinggi, baik sarjana, magister maupun pendidkan doktoral. Beasiswa menjadi ajang yang sangat penting untuk dapat melanjutkan pendidkan dengan pembiayaan yang dilakukan oleh lembaga pemberi beasiswa. Seiring dengan berjalannya waktu, program beasiswa semakin banyak menjamur baik yang diberikan oleh lembaga milik pemerintah maupun yang diselenggarakan oleh swasta. Tidak hanya untuk beasiswa dalam negeri namun juga terbuka untuk beasiswa luar negeri. Berikut ini ada beberapa lembaga pemberi beasiswa yang patut dicoba bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi.

1. Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI) DIKTI

Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI) merupakan sinergi antara Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) bersama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dalam rangka meningkatkan kualifikasi dan kompetensi Dosen di Indonesia. Sinergi ini menunjukan bahwa pemerintah memiliki komitmen yang besar dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia
Daftar Beasiswa S1, S2 , Doktoral (S3) Dalam dan Luar Negeri
Sumber: www.budi.ristekdikti.go.id
BEASISWA YANG TERSEDIA

Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia tersedia untuk Dosen Perguruan Tinggi dibawah pembinaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi untuk jenjang Magister dan Doktor.

  • Beasiswa Magister Dalam Negeri. Beasiswa ini tersedia bagi dosen yang memiliki motivasi tinggi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Magister di perguruan tinggi dalam negeri.
  • Beasiswa Doktor Dalam NegeriBeasiswa ini tersedia bagi dosen yang memiliki motivasi tinggi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Doktor di perguruan tinggi dalam negeri.
  • Beasiswa Doktor Luar NegeriBeasiswa ini tersedia bagi dosen yang memiliki motivasi tinggi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Doktor di perguruan tinggi luar negeri.

2. Beasiswa LPDP

Beasiswa LPDP merupakan beasiswa yang dibiayai oleh LPDP-Kemenkeu yang terdiri dari:

Beasiswa Magister dan Doktor

Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Program Magister dan Doktoral adalah program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Indonesia melalui pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) dan dikelola oleh LPDP untuk pembiayaan studi lanjut pada program Magister atau program Doktoral di Perguruan Tinggi di dalam dan di luar negeri.

Beasiswa ini bertujuan untuk mendukung ketersediaan sumber daya manusia Indonesia yang berpendidikan dan berkualitas serta memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi dan mempunyai visi masa depan bangsa yang kuat sebagai pemimpin Indonesia masa depan. Komitmen LPDP tersebut diwujudkan melalui pemberian bantuan pendanaan dalam bentuk beasiswa kepada masyarakat untuk studi lanjut pada program Magister atau program Doktoral di Perguruan Tinggi unggulan baik di dalam maupun di luar negeri bagi yang memenuhi kualifikasi LPDP.

Sasaran pelamar BPI Program Magister dan Doktoral adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang mempunyai kemampuan akademik yang unggul dan jiwa kepemimpinan yang kuat serta berkeinginan untuk melaksanakan studi lanjut pada program Magister atau program Doktoral pada perguruan tinggi tujuan LPDP baik pada bidang ilmu yang sama maupun berbeda dengan bidang ilmu pada jenjang pendidikan sebelumnya.

Beasiswa Tesis dan Disertasi

Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) program Tesis/Disertasi ditujukan bagi para mahasiswa Magister atau Doktoral yang memiliki keterbatasan dana untuk menyelesaikan tesis/disertasinya, baik yang sedang belajar di dalam negeri maupun luar negeri. Tujuan program ini adalah untuk mempercepat tersedianya lulusan Magister atau Doktoral yang berkualitas dan dapat memberikan kontribusi bagi ilmu pengetahuan dan teknologi.

Beasiswa Afirmasi

Indonesia memiliki wilayah luas dengan karakteristik geografis dan sosiokultural yang heterogen. Oleh sebab itu, diperlukan kontribusi dari sumber daya berkualitas untuk menjadi katalisator perluasan dan percepatan pembangunan ekonomi negara ini.

Indonesia masih menghadapi masalah pembangunan yang belum merata di setiap wilayah. Salah satu sebabnya, sebaran SDM berpendidikan tinggi belum merata. Untuk memeratakan pembangunan, diperlukan upaya khusus untuk meningkatkan kualitas SDM di daerah perbatasan dan/atau tertinggal.

Perhatian khusus juga diberikan bagi putra-putri Indonesia yang telah berjasa mengharumkan nama bangsa dalam berbagai kompetisi ditingkat Internasional tetapi tidak mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, kelompok masyarakat berprestasi yang berasal dari keluarga miskin termasuk juga lulusan penerima Bidikmisi.

Untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut, LPDP mengeluarkan kebijakan Beasiswa Afirmasi untuk kelompok masyarakat yang membutuhkan perlakuan khusus. Dengan adanya beasiswa afirmasi ini, diharapkan putra-putri terbaik dari kelompok masyarakat tersebut dapat mengikuti studi pada Program Magister atau Doktoral dalam beberapa bidang keilmuan, baik di perguruan tinggi dalam negeri maupun perguruan tinggi luar negeri.

Beasiswa Pendidikan Indonesia Dokter Spesialis

Beasiswa Pendidikan Indonesia Dokter Spesialis adalah program beasiswa yang dibiayai oleh pemerintah Indonesia melalui pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) dan dikelola oleh LPDP untuk pembiayaan studi lanjut pada program spesialis di Perguruan Tinggi di dalam negeri.

Beasiswa ini bertujuan untuk mendukung ketersediaan sumber daya manusia Indonesia yang berpendidikan dan berkualitas serta memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi dan mempunyai visi masa depan bangsa yang kuat sebagai pemimpin Indonesia masa depan. Komitmen LPDP tersebut diwujudkan melalui pemberian bantuan pendanaan dalam bentuk beasiswa kepada masyarakat untuk studi lanjut pada program spesialis kedokteran di Perguruan Tinggi unggulan baik di dalam negeri bagi yang memenuhi kualifikasi LPDP.

Sasaran pelamar Beasiswa Pendidikan Indonesia Dokter Spesialis adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang mempunyai kemampuan akademik yang unggul dan jiwa kepemimpinan yang kuat serta berkeinginan untuk melaksanakan studi lanjut pada program spesialis kedokteran di perguruan tinggi tujuan LPDP.

Garuda 2045: Indonesia Presidential Scholarship

Garuda 2045: “Indonesia Presidential Scholarship” adalah program beasiswa magister & doktor yang diinisiasi oleh pemerintah Indonesia melalui LPDP dengan menggunakan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) yang dikelola oleh LPDP bekerjasama dengan pihak Kepresidenan RI untuk menempuh studi pada perguruan tinggi terbaik di dunia.

“Indonesia Presidential Scholarship” (IPS) bertujuan menyiapkan generasi emas Indonesia melalui SDM yang berkualitas baik sebagai pemimpin maupun ilmuwan di berbagai bidang dalam rangka menyiapkan Indonesia negara yang maju pada 100 tahun kemerdekaan RI pada tahun 2045.

Melekatnya Lembaga Kepresidenan dalam program beasiswa ini merupakan wujud komitmen tertinggi pemerintah Indonesia terhadap pembangunan sumber daya manusia Indonesia dalam rangka kejayaan bangsa dan negara Indonesia.

3. Beasiswa Tanoto Foundation

Beasiswa Tanoto Foundation memberikan kesempatan bagi mahasiswa berprestasi yang memiliki kendala perekonomian untuk dapat mengenyam pendidikan berkualitas. Beasiswa Tanoto Foundation bertujuan untuk mencetak pemimpin masa depan yang berkarakter kuat, cakap dan tangguh.

Dalam memberikan beasiswanya Tanoto Foundation bermitra dengan 9 perguruan tinggi di Indonesia yaitu Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, Universitas Hasanuddin, Universitas Indonesia, Universitas Jambi, Universitas Mulawarman, Universitas Riau, dan Universitas Sumatera Utara.

Beasiswa Tanoto Foundation bagi jenjang S1 ditawarkan untuk mahasiswa di:

  1. Institut Pertanian Bogor
  2. Institut Teknologi Bandung
  3. Universitas Gadjah Mada
  4. Universitas Hasanuddin
  5. Universitas Indonesia
  6. Universitas Jambi
  7. Universitas Mulawarman
  8. Universitas Riau
  9. Universitas Sumatera Utara

Beasiswa Tanoto Foundation bagi jenjang S2 ditawarkan untuk mahasiswa di:

  1. Institut Pertanian Bogor
  2. Institut Teknologi Bandung
  3. Universitas Gadjah Mada
  4. Universitas Hasanuddin
  5. Universitas Indonesia
  6. Universitas Sumatera Utara

Sejak tahun 2006, Tanoto Foundation telah menganugerahkan beasiswa kepada lebih dari 1.300 mahasiswa strata satu dan strata dua di Indonesia.

Beasiswa Tanoto Foundation terdiri dari:

  1. National Champion Scholarship
  2. Regional Champion Scholarship
  3. Beasiswa Akademi Teknologi Pulp dan Kertas (ATPK)
  4. Beasiswa Institut Pertanian Stiper (Instiper)
  5. Beasiswa Sekolah Menengah Yayasan Bhakti Amintan Medan (YBAM)
  6. Beasiswa Yayasan Sayap Garuda (YSG)

Informasi pendaftaran beasiswa Tanoto Foundation akan diumumkan melalui website Tanoto Foundation.

4. Djarum Beasiswa Plus
Daftar Beasiswa S1, S2 , Doktoral (S3) Dalam dan Luar Negeri
Sumber: www.djarumbeasiswaplus.org
Djarum Beasiswa Plus selain mendapatkan dana beasiswa selama satu tahun, Beswan Djarum (sebutan bagi penerima program Djarum Beasiswa Plus) juga mendapatkan berbagai macam pelatihan ketrampilan lunak atau soft skills guna mempersiapkan mereka menjadi calon pemimpin masa depan bangsa. Pelatihan ini meliputi Nation Building, Character Building, Leadership Development, Competition Challenges, serta International Exposure. Para penerima Djarum Beasiswa Plus mendapatkan dana beasiswa sebesar Rp 750.000,- setiap bulan selama 1 tahun. 

Djarum Foundation turut berperan aktif dalam memajukan pendidikan di Indonesia melalui program beasiswa prestasi (merit based scholarship) yang dikenal sebagai Djarum Beasiswa Plus bagi mahasiswa berprestasi tinggi di Indonesia.
Tag : Beasiswa
0 Komentar untuk "Daftar Beasiswa S1, S2 , Doktoral (S3) Dalam dan Luar Negeri"

ADVERTISEMENTS

Back To Top